Saturday, June 14, 2014

Cold Mooncake - IDFB #15


Assalamualaikum...

Akhirnya bisa setor di detik-detik terakhir. Hampir saja enggak bisa ikutan meramaikan challenge Indonesian Foodblogger ke 15 ini karena tanggal 14 Juni ini juga hari terakhir anak-anak mengikuti intensif untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri. Sebenarnya bingung mau bikin apa menu yang termasuk kuliner peranakan, saking banyaknya rencana yang ingin dibuat akhirnya malah enggak bikin apa-apa, hadewh... Akhirnya pilihannya jatuh ke Mooncake yang enggak di oven alias Cold Mooncake. Biasanya Mooncake seperti ini disebut Snow Mooncake karena warnanya yang putih bersih seperti salju. Nah kalau dibuat dari tepung ketan hitam berarti kan lain lagi ceritanya, mau disebut Black Mooncake sepertinya menyeramkan untuk dimakan. (*menurutku sih ya? hahaha...)


Awalnya Mooncake merupakan kue istimewa yang disajikan saat tahun baru China saja, tetapi saat ini kita bisa membeli Mooncake tanpa harus menunggu tahun baru China, hanya saja di tempat-tempat tertentu yang menyediakan kue ini. Mooncake yang populer dan sering kita jumpai adalah jenis yang dipanggang, seiring perkembangan, banyak juga yang membuat versi tanpa di oven alias Cold Mooncake alias Snow Mooncake. Isian yang digunakan bermacam-macam, umumnya pasta lotus, kuning telur, pasta kacang merah, pasta kacang hijau ataupun pasta cokelat. Kali ini aku bikin yang isi pasta kacang hijau, soalnya memang hanya itu bahan yang ready stock di rumah. hihihi...


Resepnya aku adaptasi dari Cold Mooncake mbak Diana Cahya di sini. Untuk bahan dan takarannya aku modifikasi sesuai bahan yang ada, silahkan dilihat link di atas kalau ingin melihat versi aslinya. Berikut resep yang sudah saya modifikasi dan dikonversikan sesuai yang sudah diuji coba di dapur-ziah.

Cold Mooncake

Bahan :
40 gr tepung ketan hitam
40 gr tepung beras putih
20 gr tepung terigu
25 gr gula halus
80 ml susu UHT cokelat
2 sdm minyak sayur

isian sesuai selera ( aku pakai kacang hijau)

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kulit, aduk rata.
2. Kukus adonan kulit selama 30 menit. Angkat dan biarkan hangat.
3. Uleni adonan kulit yang sudah hangat hingga kalis. Tutup plastik wrap, diamkan 2-3 jam (aku simpan di lemari es).
4. Bentuk bulat isian seberat 20-25 gr. Sisihkan.
5. Ambil adonan kulit seberat 20 gr, pipihkan, beri isian kacang hijau, bulatkan hingga isian kacang hijau tertutup kulit semua, cetak dengan cetakan mooncake.
5. Siap disajikan.


Happy baking Moms...

10 comments:

  1. kereeen... pengen bisa bikinnya. kirain bikinnya susah, ternyata gampang ya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah sekali kok mbak Heplin Clara, hanya lama menunggu adonan didiamkan saja sebelum di bentuk. selamat mencoba mbak.

      Delete
  2. Kereennn.... mooncakenya bikin sendiri..hehehehe..salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Elsye... senangnya mbak Elsye berkunjung, aku penggemar blog & foto2 mbak Elsye lho, hasil foto mbak itu bikin aku frustasi. Hihihi...

      Delete
  3. wah cakep dan rapiii....salam kenal ya mba eva, thanks udah ngeramein challenge kali ini...

    salam
    Wulan
    (host idfb challenge #15)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg mbak Wulan, terima kasih sudah mampir...

      Delete
  4. Super keceh!! Jd pengen bikin juga..makasi Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga sudah mampir mbak Andrie Anne...

      Delete
  5. Salam kenal mbak eva.. mbak ini tepung ketannya pake yg kemasan itu atau yg giling sendiri? Terima kasih sebelumnya^^ (cherish)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg... ini hanya pake tepung kemasan saja. selamat mencoba cherish...

      Delete