Saturday, June 28, 2014

Bolu Kering


Bissmillah...

Selamat siang Moms, bagaimana kabar hari ini? Sebagian umat muslim sudah ada yang melakukan ibadah puasa hari ini, pasti yang menjalankan ibadah puasa mulai hari ini pada sibuk mempersiapkan menu buka special di hari pertama ini. Buat yang masih puasa besok, sekarang berarti sedang hunting stock bahan makanan untuk sahur besok. hehehe... Oya, hari ini yang punya blog sedang bertambah umur ceritanya, tapi disuruh suami bikin kue tart, aku malah males, lha kan mau mudik hari ini, kasihan kuenya kalau nanti enggak ada yang makan, mau dibawa mudik juga enggak mungkin, barang bawaannya sudah seabrek. hihihi... Berhubung hari ini sama suami diperbolehkan bikin cemilan sesuka hatiku alias tanpa ada request, akhirnya aku eksekusi resep yang sudah lama banget pengen aku bikin. Sebagai pengganti kue tart ulang tahun gitu ceritanya, aku bikin Bolu kering saja, hahaha... enggak nyambung kan ya??? Emang dibikin enggak nyambung biar aneh, yang penting kan udah dapat kado dari pak suami. hihihi...


Si kue Bolu Kering ini baru pertama kali bikin, tapi resepnya sudah nempel lama dilist masakan yang harus aku bikin. Sebenarnya baca di "mbah google" paling top itu menggunakan telur bebek pada adonannya, tapi aku males harus keluar beli telur bebek, akhirnya menggunakan telur ayam saja, alhamdulillah nikmat hasilnya. Satu resep ini jadi sekitar 250 gram dan masih hangat langsung ludes separuhnya, Zie langsung makan 3 buah sesaat setelah turun dari oven, sambil ditiup-tiup dia enggak sabar untuk memakan Bolu Kering ini. Tak ketinggalan si papap ikutan rebutan sama Zie, sambil request agar lebaran nanti dibuatkan Bolu Kering ini untuk sajian tamu. hehehe...


Kue Bolu Kering ini aku buat super kecil sehingga untuk sekali lahap saja. Aku menggunakan cup kertas untuk kue kering yang ukuran paling kecil itu. Selain untuk alasan agar mudah dimakan, aku bikin ukuran super kecil karena pasti enggak akan kerasa sudah makan banyak, plus memang hanya itu cup kertas yang aku miliki di rumah. hahaha... Berikut resep Bolu Keringnya, selamat mencoba Moms, dijamin ketagihan.

Bolu Kering

Bahan :
2 butir telur bebek / ayam
100 gr gula pasir
100 gr tepung terigu protein sedang / rendah
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilli bubuk
100 ml minyak

Cara membuat :
1. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang menggunakan mixer kecepatan tinggi.
2. Masukkan tepung terigu, garam dan vanilli bubuk, kocok dengan mixer kecepatan paling rendah.
3. Masukkan minyak, aduk rata.
4. Cetak menggunakan cup kertas.
5. Panggang selama 30 menit dengan api kecil, lanjutkan dengan memanggang 20 menit lagi dengan api super kecil seperti membuat sus kering agar bagian dalam kuenya kering.

Happy baking Moms...

3 comments:

  1. pengen banget makan ini, ketemu resepnya..
    alhamdulillah..
    mbak, ini isi adonannya seberapa kertasnya?
    sari

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas mbak Sasa, itu aku isi hampir penuh. selamat mencoba...

      Delete
  2. mbak resep 250gr itu jadi berapa cup???

    ReplyDelete