Saturday, July 6, 2013

Ayam Bakar Tulang Lunak


Kali ini memposting olahan ayam lagi. Maaf Moms, mama'e Zie masih suka masak yang mudah-mudah saja (baca enggak bisa masak yang ribet, hehehe...). Olahan ayam kali ini aku buat ayam bakar. Sebelumnya aku presto dulu, sehingga enggak perlu tenaga untuk ngunyah ayamnya. hehehe...

Bikin ayam prestonya lumayan banyak sich, setelah aku presto, sebagian aku buat ayam goreng tulang lunak dan sebagian lagi aku buat ayam bakar tulang lunak. Nah bagian ayam goreng tulang lunaknya enggak sempat aku foto sudah ludes buat sarapan. hehehe... Kalau ayam bakarnya masih sempat, soalnya ini untuk menu makan siang, jadi setelah masak selesai bisa nyiapin alat tempur buat memfoto dech.


Biar enggak terlalu lama beres-beres dapurnya, aku panggang pakai smart multi pan aja. Soal rasa enggak berubah kok, malahan lebih enak, terutama buat mereka yang enggak terlalu suka bau arang asli dari pembakaran pada biasanya. Kalau Moms enggak ada alat ini, bisa dibakar dengan teflon biasa aja kok. Terus kalau enggak mau dipresto, tinggal direbus dalam air bumbu aja. Gampang kan???


Daging ayamnya lembut, asinnya pas, pokoknya top dech. Oya, aku ngasih bumbunya sampai 2 kali lho. Saat dipresto dan saat mau di bakar. Buat yang pengen coba silahkan disave resep berikut.

Ayam Bakar Tulang Lunak

Bahan :
1,5 kg ayam, potong sesuai selera
5 lembar daun salam
2 buah serai, memarkan
5 cm lengkuas, memarkan
2 liter air
1 sdt kaldu ayam bubuk (optional)

-bumbu halus untuk presto-
5 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
5 cm jahe
4 sdt garam

-bumbu halus balado sebelum dibakar-
5 buah tomat
5 siung bawah merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit (tergantung ingin pedas atau tidak)
1 sdm gula (biar kecut  dari tomat tersamarkan)
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu ayam bubuk (optional)

Cara membuat :
1. Letakkan daun salam, serai, dan lenkuas di dasar panci presto, kemuadian tutupi daging ayam.
2. Masukkan air, bumbu halus dan kaldu bubuk. Presto hingga empuk, sekitar 45 menit.
3. Setelah ayam empuk, angkat ayam dari kuahnya.
4. Buat bumbu balado untuk membakar ayam. Blender halus semua bahan. Siapkan wajan dengan sedikit minyak. Goreng bumbu halus hingga air buah tomat habis dan menjadi kental. Kemudian masukkan ayam presto, aduk hingga bumbu rata. Matikan api.
5. Bakar ayam bumbu di smart multi pan / teflon hingga kcokelatan.
6. Siap dihidangkan.

Happy baking Moms...

2 comments: