Thursday, January 24, 2013

Terang Bulan Mini alias Martabak Manis


Terang bulan mini ini buat keluarga tercinta. Siapa coba yang enggak suka sama manis dan gurihnya terang bulan? Mumpung lagi liburan, saudara-saudara pada maen ke tempat Zie. Untung masih ada satu toples stik keju bikinan kemarin. Biar ada cemilan yang lebih mengenyangkan, aku langsung dech kocok adonan terang bulan mini ini. Satu resep jadi 22 buah. Kalau masalah topping kayaknya bisa disesuaikan dengan selera, di keluargaku paling suka cokelat dan keju, ya sudah, bikin toppingnya dari meisis dan keju aja dech. Untuk membuatnya jangan lupa diratakan di pinggir-pinggir cetakan biar enggak kayak kue lumpur. hehehe...



Untuk membuat terang bulan ini, aku pakai resep mertuaku, tinggal di edit sesuai kebutuhan Dapur Ziah. Bahannya mudah dan murah, sudah pasti ada stock dirumah gitu maksudnya. hehehe... Oya, tips buat yang pengen menghasilkan terang bulan yang punya serat bolong2 di dalamnya adalah jangan menutup cetakan sebelum muncul gelembung-gelembung dipermukaan kue dan sudah agak kering bagian atasnya. Kayak gini nich.


Setelah kuenya mateng, ngambilnya pun harus hati-hati, kalau enggak, entar piggirannya bisa patah. Gak punya pagar samping deh kue terang bulannya. Resikonya, bakal tumpeh-tumpeh meisis dan kejunya. wkwkwk...


Oya, aku nyetak pakai cetakan milik Signora, secara emang itu aja yang aku punya. Dah gitu, cetakkannya dikasih sama mertua. Enggak_Modal.com gitu ceritanya. Habis mau beli masih mengutamakan kebutuhan yang lain, secara nich cetakkan harganya Rp. 450.000-an. Cetakan biasa paling mahal cuma Rp. 25.000. Begitu sama mertua ditawari,wah "pucuk dicinta ulam pun tiba". hahaha... Ngarep.com, soalnya dirumah mertua ada 4 nich cetakan, nangkring di atas lemari semua, enggak kepakai. Berhubung disuruh milih, ya aku milih yang belum pernah dipakailah. hihihi... Menantu yang nakal ya? Keistimewaan pakai cetakan ini, warna kulit bagian belakang kue mulus kayak kulitnya artis. hehehe... Lihat aja! Dan cetakan cukup dipoles margarin sekali aja di awal.


Ini dia resepnya, buat yang pengen nyoba. Dijamin enak dan ketagihan.

Terang Bulan Mini alias Martabak Manis

Bahan:

300 gr tepung terigu protein sedang
300 ml air
2 butir telur
3 sdm gula pasir
1 sdt fermipan, campur dengan 3 sdm air, kocok rata
(*sdt saya pakai bawaan produk pembuat roti ya, yang sudah ada takaran lengkap mulai 1/2 sdt dst, nah kalo ditimbang ketemunya 3gr)
1/2 sdt vanili
1 sdt baking powder

Pelengkap:
susu kental manis
meises
keju parut

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali baking powder. Aduk rata dengan whisk.
2. Diamkan adonan, tutup dengan serbet bersih, letakkan ditempat hangat kurang lebih 30 menit.
3. Panaskan cetakan, olesi margarin tipis (cukup di awal saja).
4. Saat cetakan panas, aduk adonan, tambahkan baking powder, aduk rata lagi dengan whisk.
5. Adonan siap dicetak.
6. Setelah kue agak dingin, olesi susu kental manis tipis-tipis, taburi dengan meisis dan keju.
7. Siap disantap.

Untuk 22 buah.

Happy baking Moms...

34 comments:

  1. boleh saya konsultasi sama mba diah gak..?
    saya juga lagi belajar" tentang martabak mini manis mba.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice Info.

      Kalo boleh ngasih masukan, baiknya gak pake ragi instan. Cukup soda kue saja. Kalau pake ragi instan penampakannya jadi kaya bolu dan terasa agak asam.

      Tukang martabak tidak pake ragi hanya soda kue saja. Tapi kalau tidak pakai ragi memang perlu teknik yang agak rumit perlu ada yang ngajarin langsung.

      Kalau mau belajar bikin martabak saya siap membantu. Cukup beli loyang martabak saja Rp 265.000,- (loyang standar tukang martabak) Nanti kita ajarin langsung sekalian delivery order loyangnnya.

      Yang mau belajar konfirmasi melalui sms aja ke no 0877-89-2222-09 (khusus untuk wilayah JABODETABEK) kalau luar kota kejauahan.

      Delete
    2. nah itu dia Ruby masalahnya, kalau cuma pakai soda kue saja kurang nendang hasil seratnya, kayaknya memang butuh teknik khusus.

      Delete
  2. wah... senang sekali kalau melalui blog ini bs membantu orang lain. tapi aku juga baru belajar,semuanya serba dari pengalaman pribadi. hehehe... lebih tepatnya saling sharing kayaknya.

    ReplyDelete
  3. Hmm...kykx enak martabak manisx. Izin copy resepx yah mbak. Makasih bgt. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kelihatannya enak...

      Delete
    2. hu'uh nich Jj, apalagi dijadikan teman minum teh pas musim hujan kayak di tempatku sekarang ini.

      Delete
  4. beli cetakan di mana Mbak ??????
    Lagi butuh nih Mbak ...

    ReplyDelete
  5. beli cetakan di mana Mbak ??????
    Lagi butuh nih Mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dapat dr mertua mas Gerry. Belinya langsung ke agen signora. Cb cr alamat agen signora d tiap kota di webnya langsung.www.signorahousehold.com

      Delete
  6. wah resepnya mantep ni buat coba di rumah..hehe tapi saya mau nanya ni mbak.
    kenapa baking powdernya di masukan terakhir? kenapa tidak di campur saja dgn adonannya lalu di tutup dgn kain?
    terimakasih sebelumnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya baking powder itu ada dua jenis mbak. Single dan double action. Yg banyak beredar adalah yg single action, ini hanya mampu bekerja kurang lebih 15 menit setelah dicampur dengan cairan,sehingga dicampur terakhir sebelum dimasak di atas api biar hasilnya bisa mengembang. Kalau yg double action dicampur sebelum difermentasikan enggak apa2,soalnya dia bekerja ganda, setelah dicampur air dan juga setelah dipanaskan di atas api. Semoga bisa membantu.

      Delete
  7. selamat siang dan salam kenal.. :)
    saya mau tanya mbak, gimana caranya tau itu baking powder single/double action?
    dan apa bedanya ragi sama baking powder?
    maaf mbak banyak tanya, msh newbie nih.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tulisannya kok dikemasannya. Mesti teliti saat membeli.

      Delete
  8. maaf mbk resepnya udah coba ane buat di rumah,tapi kok rasanya tdk seperti martabak manis yang di jual di jalanan ya??? kok cenderung rasanya kayak APEM,apa ada resep yang di rahasiakan mbk? thx (ivan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak ada yg dirahasiakan kok ivan. Kenapa ya kok malah mirip apem? Apanya yg salah ya? Ni ada resep baru jg,tp belum sempat bereksperimen.

      Delete
  9. maaf sist, mau tanya. jadi itu cara membuatnya tidak dibalik ya? kalo apem kan harus dibalik biar bisa matang depan sama belakangnya. Resep Kue

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak mbak Niena, asal apinya enggak kebesaran bisa mateng luar dalam kok.

      Delete
  10. saya sudah membuat terang bulan resep
    anda mbak
    tapi kok terang bulanx ringan ya??
    teruss pagi saya buatx
    sorenya sudah gak enak sama sekali
    gak sama dengan yang saya beli dipinggir jalan
    mohon bimbinganx mbak
    anak saya doyan bgt terang bulan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf br sempat balas, kalo yg ringan, itu apa mungkin terlalu encer gitu ya adonannya? soalnya aku bikin enggak ringan. Masalah bikin pagi terus sorenya enggak enak jg bikin bingung, soalnya aku biasa bikin siang, besoknya buat sarapan juga masih enak, hanya saja memang belum diberi topping plus terang bulannya aku simpan diwadah kedap udara. maaf enggak bisa ngasih solusi, soalnya pasti ada faktor lain yg membedakan, tp ini masih belum tahu dimana perbedaannya. mungkin ada bahan atau langkah atau apa gitu yg diskip???

      Delete
    2. mungkin sebaiknya untuk 300gr tepung pakai 1/4 sdt peres aja fermipannya. soalnya klo terlalu banyak malah kaya bolu texture nya...

      Delete
    3. Untuk fermipannya itu saya pake sekitar 1/3 sachet fermipan yg kemasan 11 gr. Lain kali saya coba jg bagaimana hasilnya kalau cm pakai 1/4 sdt, terima kasih masukannya Mr/Mrs. Djuli.

      Delete
  11. Hhmmm.. mantap banget nih,.. harus segera saya praktekan dirumah! terima kasih yah! :)

    ReplyDelete
  12. Salam kenal Mba :)
    Mba, ini resepnya bisa dibikin dengan teflon biasa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mama aisyah dicetak di teflon. Jangan lupa dialasi seng atau sejenisnya dan menggunakan api kecil agar tidak gosong bagian luarnya.

      Delete
  13. Iya mbak/mas, cocok buat teman minum teh di sore hari.

    ReplyDelete
  14. Mba, itu di gambar saat nuang adonan, terlihat bawahnya pakai plat gitu ya? palt baja atau besi itu mba? itu bisa beli dimana ya? kebetulan saya mau usaha martabak mini.. makasih banget sebelumnya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu plat besi bawaan dari beli cetakannya mas Andi, maaf kurang tau kalau hanya beli platnya saja dimana.

      Delete
    2. Mohon maaf bantu jawap ya bunda Eva , plat nya bisa beli di toko bangunan ada beberapa yg menjualnya . belinya sesuai ukuran yg di inginkan .

      Delete
  15. Boleh tau pke kompor ap masaknya sedangkn loyang kan gk rata bawahnya.....bisakh pke kompor gas biasaa sepeeti Rinnai

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pakai kompor gas biasa kok, seperti rinnai dll. cetakannya ini ada alasnya seperti lembaran besi gitu dari pabriknya.

      Delete
  16. Ini beli plat /alas besi bwt cetakannya dmna yaa

    ReplyDelete